Tuesday, 20 August 2013

Desktop Recording Menggunakan Aplikasi CamStudio

Bagi pembaca yang belum mengetahui, ada sebuah aplikasi opensource yang handal dalam fungsinya sebagai aplikasi desktop recording. Aplikasi tersebut adalah camstudio. Sering kita melihat tutorial video di youtube tentang photoshop dan yang lainnya, saya yakin ada diantaranya yang menggunakan camstudio. Selain camstudio memang banyak lagi aplikasi serupa baik yang berbayar maupun gratis.

Opensource ini tentunya kita bebas menggunakannya dan jika kita ingin berpartisipasi untuk mengembangankannya juga bisa. Namun harus ahli coding tentunya. Atau mungkin pembaca ingin berpartisipasi setidaknya sokongan dana untuk membuat aplikasi ini lebih baik juga bisa.

Camstudio ini ukuran file-nya terbilang kecil sekitar 3 MB. Namun kinerjanya bagus menurut penglaman saya. Langsung saja bagi pembaca yang ingin mencoba camstudio, ikuti link berikut ini :
http://camstudio.org/

Cara Menggunakan CamStudio

Setelah mendownloadnya tentunya kita harus mengetahui bagaimana cara menggunakan CamStudio. Pembaca disini dapat mengeksplore semua menu sesuai keinginan pembaca. Namun saya ingin sedikit membantu untuk poin-poin yang mungkin berguna sebagai berikut.
  • Tombol utama, yaitu record, pause, dan stop.
Untuk tombol-tombol ini, tombol record ditunjukan oleh tombol lingkaran berwarna merah berfungsi untuk memulai merekam. Tombol pause ditunjukan oleh dua persegi panjang kecil berjejer berwarna hitam berfungsi untuk menghentikan rekaman sejenak. Tombol stop ditunjukan oleh tombol persegi berwarna biru berfungsi untuk mengakhiri rekaman.
tombol utama camstudio
tombol utama camstudio

  • Menu agar saat dimulai record, camstudio langsung minimize ke system tray.
Menu ini tentunya akan mempermudah kita disaat kita memulai merekam kegiatan desktop. Karena menu ini meminimize aplikasi saat dimulai merekam.
minimize camstudio saat start recording
minimize saat start recording
  • Mengakhiri desktop recording dengan keyboard shortcut F9
Agar lebih mudah untuk men-stop desktop recording maka lebih baik menggunakan keyboard shortcut. Masuk ke menu Option > Program options > Keyboard Shortcuts...
Keyboard shortcut F9 untuk stop
Keyboard shortcut

Mengubah kwalitas video yang dihasilkan

Jika anda bertanya-tanya mengapa video yang dihasilkan patah-patah, maka jawabannya ada di pengaturan camstudio itu sendiri. Masuk ke menu Options > Video Options. Kemudian ubah quality dan max framerate.
Kwalitas video
Kwalitas video
Jika hal-hal diatas telah diatur, maka hanya tinggal menggunakannya.
Sekian saja postingan kali ini mengenai camstudio, jangan lupa untuk berkomentar dan jangan lupa untuk rate google plus. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Desktop Recording Menggunakan Aplikasi CamStudio
Ditulis Oleh Imam Sibro Muhlisi
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Desktop Recording Menggunakan Aplikasi CamStudio ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Title: Desktop Recording Menggunakan Aplikasi CamStudio; Written by Imam Sibro Muhlisi; Rating: 5 dari 5

7 comments:

  1. gan mau nanya.ane nyoba ngrekam vidio yang ane play di media player clasic.kok hasilnya cuma item,gda gambarnya yah?mhon pncerahanya gan.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan ngerekam video pakai apa gan? Desktop recording atau pakai kamera? Coba agan play pakai player lain, kaya GOM, FLV, dan lain-lain.

      Delete
  2. referensi baru
    untuk rekam pc nih
    makasih ya infonya

    ReplyDelete
  3. kok klo mislny ngerekm bisny kek crop gitu gimn?

    ReplyDelete

Pembaca dipersilakan untuk berkomentar mengenai isi dari posting blog ini baik berupa saran maupun kritik. Gunakanlah bahasa baku untuk berkomentar. Terima kasih ya..