Friday 2 August 2013

Cara Mengaktifkan Telnet Di Windows

Bagi sebagian orang, fitur telnet sangat berguna dalam pekerjaannya. Terutama mereka yang bekerja sebagai engineer suatu operator yang bekerja dengan modem satelit, router, dan sebagainya. Namun apakah kita tahu bahwa telnet sebenarnya perlu kita aktifkan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Setelah fresh install, biasanya orang bingung, kenapa tidak bisa melakukan telnet.

Seperti kisah teman saya. Beliau adalah seorang VSAT engineer berpengalaman selama 5 tahun lebih. Namun pada saat beliau hendak telnet modem satelit dengan menggunakan notebook baru dengan fresh install windows 7 selalu gagal dalam melakukan telnet. Oleh karena memang tidak ada petunjuk di command prompt untuk mengaktifkan fitur telnet terlebih dahulu.

Hal kecil seperti ini bahkan bisa mengakibatkan hal besar. Misalnya saja kita memang sedang diburu oleh waktu dan atasan tentunya ini sangat penting. Oleh karena itu tidak ada manusia yang bisa sombong karena memiliki ilmu yang tinggi, harta yang berlimpah, karena semua itu karunia. Justru dengan itu kita harus saling berbagi dan mendapatkan semua manfaat baiknya.

Cara Mudah Aktifkan Telnet di Windows

Berikut langkah mudah mengaktifkan telnet di windows (windows 7) :
  1. Masuk ke Control Panel.
  2. Masuk ke sub menu Uninstall a program.
  3. Klik menu yang ada di samping kiri yaitu menu Turn Windows features on or off
  4. Kemudian beri cek di bagian Telnet client dan Telnet server. Klik OK.
Berikut langkah-langkah dengan gambar agar lebih mudah dibaca.
menu uninstall a program
Menu Uninstall a program
turn windows features on or off
Menu turn windows features on or off
centang menu telnet client dan telnet server
cek telnet client dan telnet server
Dengan langkah diatas, tentunya fitur telnet telah aktif. Jika masih belum bisa cobalah untuk merestrat atau setidaknya log off kemudian login kembali di akun tersebut. Jika masih saja tidak bisa, cobalah untuk memeriksa perangkat yang di telnet apakah prosedurnya sudah sesuai atau belum.

Itu saja yang kali ini bisa saya share kepada pembaca. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berkomentar dan rate google plus. Terima kasih.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Cara Mengaktifkan Telnet Di Windows
Ditulis Oleh Anonymous
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Cara Mengaktifkan Telnet Di Windows ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Title: Cara Mengaktifkan Telnet Di Windows; Written by Anonymous; Rating: 5 dari 5

2 comments:

Pembaca dipersilakan untuk berkomentar mengenai isi dari posting blog ini baik berupa saran maupun kritik. Gunakanlah bahasa baku untuk berkomentar. Terima kasih ya..