Thursday, 5 March 2015

Membuat Koneksi Adhoc Sebagai Alternatif LAN

Koneksi Local Area Network

Dalam kehidupan berkomputer, terkadang kita membutuhkan koneksi LAN (local area network) dimana jika kita mendengar LAN kebanyakan orang langsung berpikir ke kabel fisik LAN (UTP). Padahal sebetulnya ada cara untuk menghubungkan dua komputer atau lebih tanpa menggunakan kabel fisik LAN di sistem operasi windows.

Create Ad-Hoc Network

Namanya koneksi wireless ad-hoc (computer-to-computer) network. Berikut langkah-langkah untuk membuat koneksi ini. Klik gambar untuk memperbesar.
Langkah membuat ad-hoc network
Membuat Ad-Hoc Network
  1. Klik icon wireless di komputer anda, klik Open Network and Sharing Center. Atau anda dapat membukanya melalui Control Panel. Masukan ini ke Address window control panel: Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center.
  2. Setelah mendarat di window Network and Sharing Center, pilih menu Set up a new connection or network.
  3. Pada window yang muncul, scroll ke bawah dan pilih menu Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network, klik next dan kemudian klik next kembali.
  4. Setelah muncul window selanjutnya, isi Network name dengan SSID yang anda kehendaki dan pilih Security type kemudian isi Security key - nya kecuali jika anda memilih no authentication (Open) pada pilihan security type.
Setelah sampai pada tahap ini, anda perlu menunggu komputer lain untuk bisa melakukan koneksi dengan komputer anda melalui ad-hoc network. Namun sebelum itu, anda perlu mengubah internet protocol (IP) komputer anda. Dan kemudian komputer yang ingin terkoneksi dengan komputer anda, harus menyesuaikan IP -nya dengan komputer anda tersebut.

Mengubah IP address Komputer

Untuk mengubah IP address, anda dapat mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini. Klik gambar untuk memperbesar.
ganti IP address untuk konek ad-hoc
tahap ganti IP address
  1. Pada langkah pertama ini lakukan seperti langkah pertama pada tahap awal diatas.
  2. Kali ini klik menu Manage wireless network.
  3. Kemudian pada window yang muncul pilih menu Adapter properties.
  4. Selanjutnya menu Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), dan kemudian klik Properties. Atau dapat langsung dengan double click menu tersebut.
  5. Masukan IP nya, disarankan seperti contoh diatas untuk server (pembuat ad-hoc network). Sedangkan untuk client, tambahkan Default gateway yaitu IP address komputer server. Dan IP address client harus berbeda dari IP address komputer server namun tetap dalam class IP yang sama.
Setelah komputer server diset IP -nya dan komputer client juga telah diset IP -nya, baru kemudian hanya perlu mengkoneksikan ke jaringan yang telah dibuat.
Diantara contoh kegunaan koneksi adhoc ini adalah menurut pengalaman penulis yaitu digunakan untuk bermain game counter strike bersama beberapa komputer.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Membuat Koneksi Adhoc Sebagai Alternatif LAN
Ditulis Oleh Imam Sibro Muhlisi
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Membuat Koneksi Adhoc Sebagai Alternatif LAN ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Title: Membuat Koneksi Adhoc Sebagai Alternatif LAN; Written by Imam Sibro Muhlisi; Rating: 5 dari 5

2 comments:

  1. Sangat Membantu, Izin Copas buat Blog saya Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijin diberikan gan. Cantumkan sumber ya.. Terima kasih sudah berkunjung..

      Delete

Pembaca dipersilakan untuk berkomentar mengenai isi dari posting blog ini baik berupa saran maupun kritik. Gunakanlah bahasa baku untuk berkomentar. Terima kasih ya..