Tuesday 2 July 2013

Cara Mengganti Font Windows 7

Bosan, begitulah mungkin dari sebagian kita yang merasakan bekerja seharian di depan layar komputer. Salah satu untuk mengusir kebosanan adalah dengan cara bermain game, namun tentunya kebanyak pekerja di sebuah perusahaan tidak diperbolehkan melakukan hal semacam itu, mengganggu kinerja katanya. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengusir kebosanan?

Salah satunya adalah dengan modifikasi tampilan komputer kita. Bisa juga secara fisik, maupun secara tampilan layar atau perangkat lunak. Untuk memodifikasi tampilan luar misalnya saja, CPU dibuat unik dan semacamnya. Untuk tampilan dalam misalnya saja memodifikasi tampilan desktop, menggunakan theme, dan salah satunya yaitu mengganti font. Kebetulan yang dibahas disini adalah mengganti font windows 7, sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan windows XP, dan windows 8. Kalau windows 8 malah hampir sama caranya.

Font default yang digunakan di windows 7 adalah font Segoe UI. Kita dapat menggantinya dengan berbagai font yang disediakan oleh sistem. Dengan mengganti font, kita tidak diharuskan terus menerus membaca jenis font yang sama. Ini sama saja dengan memodifikasi tampilan windows 7 kita secara kecil-kecilan. Adapun untu memodifikasi secara besar-besaran salah satunya adalah mengganti theme.

Langsung saja, silakan disimak bagaimana cara mengganti font windows 7 secara mudah berikut ini,
  1. Masuk ke tampilan desktop.
  2. Klik kanan dan pilih menu Personalize.
  3. Kemduian pada jendela yang muncul, pilih menu Window color, dan kemudian klik menu Advanced appearance settings..
  4. Kemudian kita akan menemukan sebuah jendela baru. Pada menu item pilih Icon pada pilihan Item. Kemudian pilih jenis font pada piliihan font.
  5. Klik OK atau Apply.
Menu ini akan mengganti sebagian besar font, namun tidak semuanya. Untuk mengganti semua font, dapat dipilih pilihan item lain, yaitu yang tersedia adalah Active Title Bar, Icon, Inactive Title Bar, Menu, Message Box, Palette Title, Selected Items, dan ToolTip. Ubah semua font dan kemudian dapat dilihat perubahan yang terjadi.

Untuk lebih mudahnya, berikut gambar yang dapat dijadikan acuan. Klik gambar untuk memperbesar.
Masuk menu Window Color
Menu Window Color
Masuk menu advanced appearance settings
Masuk menu advanced appearance settings
Ganti Item dan Font
Ganti Item dan Font
Setelah tampilan font diganti, tentunya komputer akan terlihat sedikit lebih segar dengan tampilan baru. Kalau diistilahkan "Tidak Mainstream". Untuk dapat cobalah mempelajari bagaimana mendesain tampilan komputer, salah satunya dengan menggunakan aplikasi gratis rainmeter

Namun perlu diingat bahwa memodifikasi komputer artinya komputer siap dibebani dengan tampilan dan grafis yang tinggi. Itu berkaitan erat dengan seberapa hebat kinerja komputer kita dalam menjalankan aplikasi-aplikasi besar, misalnya adobe photoshop, corel draw, dan yang lainnya. Adapun hardware setidaknya harus memenuhi agar komputer tidak kelebihan beban dan malah membuat kinerjanya semakin lambat. Memodifikasi tampilan itu perlu pertimbangan.

Sekian mengenai cara mengganti font windows 7, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Cara Mengganti Font Windows 7
Ditulis Oleh Anonymous
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Cara Mengganti Font Windows 7 ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Title: Cara Mengganti Font Windows 7; Written by Anonymous; Rating: 5 dari 5

36 comments:

  1. like, ntar nyoba ah,
    kalau Ishma udah buat perusahaan sendiri, :D ishma boleihin main game pagawainya, tapi ada tapinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. Emang apa "Tapi"-nya mba? :D

      Delete
    2. kadang kita memang perlu melakukan perubahan untuk menghilangkan jenuh melihat tampilan komputer itu2 saja ya

      Delete
  2. wahh ni baru blog bener tadi ane dikerjain ma blog sebelah ktanya bisa mentransparantkan Icon Dekstop eh taunya Malah bikin PC jadi mirip kyk Win XP padalan ane makek WIN 7.. -_-
    semuanya dh diatur tinggal Fontnya doank blon :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke siap gan. Thanks sudah berkunjung gan..

      Delete
  3. kalo buat merubah font windows itu ngga bisa, caranya gimana gan? udah buka property lanjut windows colour..ehh malah windows colournya ngga bisa buka gan. tau ngga tuh kenapa bisa gitu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pastikan lagi gan langkahnya sudah benar. Baru kemudian coba restart, kemudian masuk sebagai administrator jangan sebagai guest atau yang lainnya gan.

      Delete
    2. di pastikan lagi gan langkahnya sudah benar. Baru kemudian coba restart, kemudian masuk sebagai administrator jangan sebagai guest atau yang lainnya gan.

      Delete
  4. Terimakasih banyak gan, sangat bermanfaat sekali tutorialnya..

    ReplyDelete
  5. Lumayan buat nambah gengsi ya dgn font modifikasi yg keren

    ReplyDelete
  6. terima kasih gan, bermanfaat banget. keren pokoknya

    ReplyDelete
  7. makasih.......guna bangets!

    ReplyDelete
  8. thanks gan, sangat bermanfaat! :v

    ReplyDelete
  9. misi gan klo personalize nya ga ada tu kaya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane pernah nemu yang gak ada personalize, tapi sayangnya belum coba otak-atik. Tapi, coba agan masuk ke control panel dan search Personalize. Semoga membantu

      Delete
  10. akhirnya, sekarang ane bisa bikin kalimat jadi Cosmic Sans MS, thanks

    ReplyDelete
  11. thank gann :)
    infonya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  12. kak kalau mau buat sebaliknya gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicari aja settingan defaultnya gan. Namun sayang jika sudah menggunakan rainmeter, saya pernah merasakan gak bisa balik lagi ke tampilan semula. Saya rasa rainmeter modifnya terlalu dalam ya. Kalau sudah begitu, bisa dicoba system restore gan, ke tanggal sebelum rainmeter diinstall

      Delete
  13. Gan kok komputer ane gak ada personalize ya gan

    ReplyDelete
  14. super pemandangan yang baru terima kasih

    ReplyDelete
  15. Siip!! Mantap bgeet!! Makasih bg

    ReplyDelete

Pembaca dipersilakan untuk berkomentar mengenai isi dari posting blog ini baik berupa saran maupun kritik. Gunakanlah bahasa baku untuk berkomentar. Terima kasih ya..