Wednesday, 10 July 2013

Instal Ubuntu Dengan Flashdisk

Adakah dari pembaca yang ingin melakukan instal ubuntu di komputer/laptop pembaca? Bingung bagaimana caranya? Ada sebuah cara yang biasanya saya gunakan untuk menginstal ubuntu di laptop saya. Saya menginstalnya dengan menggunakan media flashdisk bukan CD/DVD. Caranya adalah dengan bantuan sebuah software untuk burning file ISO ubuntu di flashdisk tersebut.

Sebuah software yang berfungsi untuk membantu proses burning file ISO yang saya gunakan disini adalah Universal USB Installer. Software memberikan pilihan instalasi versi linux apa yang hendak diinstal. Oleh karena itu, software selalu up to date agar versi linux yang disediakan juga ikut up to date dan bisa digunakan.

Dari sebagian pembaca mungkin ada yang ingin menginstal ubuntu secara full di laptop/komputer, namun juga ada yang ingin menjadikannya dualboot. Tentu saja kedua-duanya dapat digunakan, karena pada dasarnya instalasi keduanya sama. Hanya pada saat pemilihan instal file ubuntu di harddisk perlu kehati-hatian yang lebih untuk dualboot. Jangan sampai menimpa file windows/sistem operasi lain di komputer/laptop apalagi sampai memformat partisinya.

Langkah-langkah Burning File ISO Ubuntu ke Flashdisk

Aplikasi Universal USB Installer ini tidak perlu diinstal, langsung saja digunakan. Dengan menggunakan bantuan aplikasi Universal USB Installer, hanya beberapa langkah mudah saja yang harus dilakukan. Berikut langkah mudah cara instal ubuntu dengan flashdisk.
  1. Download Universal USB Installer yang paling update (kunjungi http://www.pendrivelinux.com/universal-usb-installer-easy-as-1-2-3/ , besar file lebih kurang 1,1 MB ). Pada saat tulisan ini dibuat, versi terakhir adalah versi 1.9.3.6
  2. Double click file Universal USB Installer. Klik I Agree.
  3. Kemudian pilih versi linux apa yang hendak pembaca instal.
  4. Browse file ISO versi linux (dalam hal ini ubuntu) yang pembaca maksud untuk diinstal.
  5. Pilih Drive Flashdisk untuk burning file ISOnya.
  6. Kemudian tentukan besar file yang ingin tetap pembaca jaga agar tidak digunakan untuk file ubuntu nantinya.
  7. Klik Create.
  8. Kemudian akan dijelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan ke flashdisk yang dipilih, periksa kembali apakah betul drive flashdisk yang dimaksud.
  9. Klik Yes.
Untuk lebih mudahnya, berikut gambar-gambar yang dapat pembaca simak. Klik gambar untuk memperbesar.
Klik I Agree
Klik I Agree
Pilih Versi Linux
Pilih Versi Linux
Klik Create
Klik Create
Klik Yes untuk melanjutkan
Periksa kembali, Klik Yes
Proses Uncompressing ISO
Proses Uncompressing ISO
Proses Burning Selesai
Proses Burning Selesai
File Instalasi Ubuntu di Flashdisk
File Instalasi Ubuntu di Flashdisk
Dalam contoh kali ini saya menggunakan Ubuntu 11.04 karena yang saya punya file ISO tersebut. Terlihat diatas aplikasi Universal USB Installer ini menyediakan banyak pilihan versi Linux yang dapat dipilih. Jika kita menggunakan versi yang sebelumnya, maka akan ada pilihan versi yang kurang (tidak update). Itulah mengapa universal usb installer ini harus up to date.

Jika pembaca tidak mempunyai file ISO, maka pembaca dapat sekaligus mendownload file ISO melalui aplikasi universal USB installer ini. Yang disyaratkan tentunya koneksi internet dewa agar pembaca tidak perlu menunggu lama. Centang pilihan Download the ISO (Optional).
Pilihan Download ISO
Download ISO
Dengan mengguakan flashdisk ini, pembaca juga dapat menjalankan USB Live CD dimana bisa menjalankan Ubuntu tanpa harus menginstalnya di harddisk (portable). Biasanya saya menggunakan cara ini untuk menghapus virus windows yang ada di flashdisk maupun harddisk. Dan saya tidak menggunakan scan antivirus.

Sekian saja bagaimana cara instal ubuntu dengan flashdisk. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, saya tunggu komentar pembaca. Salam.

Catatan :
Untuk menu Set a presistent file size for storing changes (Optional), itu adalah mengatur seberapa besarnya size untuk instalasi program lain di ubuntu live CD. Misalnya saja pembaca menggunkan Ubuntu live CD, dan kemudian pembaca menginstal program tertentu. Misalnya saja pembaca PDF. Maka file-file instalasi program PDF reader tersebut akan menetap di flashdisk, sesuai ukuran yang diset. Jadi pada saat menjalankan ubuntu live cd di waktu mendatang, PDF reader masih terinstal. CMIIW
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Instal Ubuntu Dengan Flashdisk
Ditulis Oleh Imam Sibro Muhlisi
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Instal Ubuntu Dengan Flashdisk ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Title: Instal Ubuntu Dengan Flashdisk; Written by Imam Sibro Muhlisi; Rating: 5 dari 5

5 comments:

  1. Makasih atas tutorialnya.
    http://jamil21.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. mantap dah artikelnya kawan
    http://acemaxs31.com/obat-herbal-hernia-ampuh/

    ReplyDelete
  3. instal drivernya gimana ya, ane biasa pake windows..

    mampir juga ya di infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal install aja gan. Driver otomatis terinstall.

      Delete

Pembaca dipersilakan untuk berkomentar mengenai isi dari posting blog ini baik berupa saran maupun kritik. Gunakanlah bahasa baku untuk berkomentar. Terima kasih ya..