Wednesday 5 June 2013

Mempercepat Performansi Windows 7

Menjengkelkan ketika kita menemui Windows 7 kita berjalan dengan lambat. Hanya beberapa program yang terbuka pun, windows berjalan tidak responsif. Akan lebih murung lagi jika kita melihat spesifikasi laptop atau komputer kita, read access memory 1 GB, dengan prosesor intel dual core. Spesifikasi tersebut masih lebih baik jika dibandingkan dengan tipe prosesor dibawahnya, tentu akan sangat tersiksa ketika melihat kinerjanya sudah tidak mampu memuat windows 7. Berdasarkan pengalaman saya, Windows 7 ketika pertama kali diinstal dan dijalankan di komputer kelihatannya sangat ringan bahkan dengan mode best appearance. Namun setelah berjalan sekitar satu bulan dengan berbagai instalasi program di windows tersebut, dan instalasi update di windows 7 otomatis, kinerjanya semakin lemah dan semakin terlihat lambat.

Apalagi ketika kita mempunyai program editing seperti photoshop dan lain sebagainya, dengan mode best appearance di windows 7 dengan spesifikasi yang kurang akan sangat mempengaruhi kecepatan kinerja windows 7 tersebut. Bagi kita sebagai pengguna pemula komputer atau laptop, best appearance adalah mode tampilan yang maksimal. Seperti beberapa animasi yang dijalankan ketika membuka dan menutup sebuah program, bayangan di icon di desktop, animasi ketika berpindah ke program yang lain ketika dibuka dalam waktu yang bersamaan, dan lain sebagainya. Dengan ini kita tentunya kita lebih membutuhkan performansi yang lebih dibandingkan penampilan windows kita. Dengan kebutuhan semacam itu, ada langkah sederhana bagaimana mengurangi atau bahkan memangkas semua animasi penampilan windows dan mengatur bagaimana windows kita bekerja dalam mode performansi sepenuhnya.

Langkah-Langkah Mempercepat Performasi Windows 7

Berikut langkah sederhana mengatur antara performansi dan penampilan windows kita :
  1. Buka Windows Explorer.
  2. Klik kanan pada bagian Computer, dan pilih Properties.
  3. Kemudian kita akan melihat jendela baru yaitu jendela control panel di bagian menu System and Security dan sub menu System.
  4. Pada menu bagian samping, klik menu Advanced system settings. Maka akan muncul jendela baru.
  5. Masuk tab Advanced. Klik tombol Settings... pada bagian menu Performance.
  6. Kemudian akan muncul jendela baru, pilih tab menu Visual Effects. Kemudian pilih Custom, dan kemudian pilih fitur apa saja yang ingin diaktifkan.
  7. Untuk performansi sepenuhnya, pilih Adjust for best performance. Namun tampilan komputer nantinya menjadi tampilan klasik hampir menyerupai windows XP.
  8. Untuk penampilan sepenuhnya, plih Adjust for best appearance. Namun tentunya dengan spesifikasi komputer yang rendah akan sangat memperlambat kinerja komputer tersebut.
  9. Jika sudah selesai, klik Apply atau OK.
Dengan pengaturan di langkah nomor 7, komputer kita akan lebih cepat kinerjanya karena anmasi-animasi yang dipakai sudah dihilangkan. (Klik gambar untuk memperbesar)
window pengaturan performansi dan penampilan
Advanced system settings
Jika masih tetap saja kinerjanya lambat, mungkin kita harus melakukan pengaturan lain seperti defragment disk, hapus cache dan sebagainya. Menggunakan program pihak ketiga, seperti CCleaner dan yang lainnya. Demikian sedikit tips untuk mempercepat kinerja komputer windows 7. Jika ada pertanyaan silakan memberikan komentar anda di bawah ini. Semoga bermanfaat.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Mempercepat Performansi Windows 7
Ditulis Oleh Anonymous
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Mempercepat Performansi Windows 7 ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Title: Mempercepat Performansi Windows 7; Written by Anonymous; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Pembaca dipersilakan untuk berkomentar mengenai isi dari posting blog ini baik berupa saran maupun kritik. Gunakanlah bahasa baku untuk berkomentar. Terima kasih ya..