Friday 7 June 2013

Cara Save As PDF Dari Word

Kebutuhan akan konversi format word ke PDF terkadang menimbulkan masalah, yaitu ketika kita tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya. Fitur Save As yang ada di microsoft Word secara default tidak menyediakan menu untuk meyimpan pekerjaan di word ke format PDF. Sehingga terkadang menyulitkan si pengguna word bagaimana menyimpan hasil pekerjaannya ke format PDF. Jika kita mencari di internet banyak pula aplikasi yang berfungsi untuk mengkonversi word ke format PDF. Selain itu, juga ada aplikasi online yang menyediakan fungsi semacam itu. Namun jika anda memiliki koneksi internet yang lambat apalagi ukuran file anda besar, maka tentu akan sangat bermasalah dan proses tersebut akan sangat lama pengerjaannya.
Berbicara mengenai konversi word to PDF, sebenarnya Windows menyediakan plug-in di word yaitu Save As to PDF or XPS. Windows menyediakan file instalasi plug-in tersebut di situsnya sendiri. Dan yang kita bahas disini memang plug-in tersebut. Karena ukuran file instalasi plug-in ini kecil yaitu kurang dari 1 MB, tentunya akan sangat menghemat waktu anda dalam melakukan instalasi dan menggunakan fitur plug-in tersebut. Jika anda ingin memasang plug-in tersebut anda dapat mengunjungi situs Windows ini :

http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=7 

Klik tombol download pada tampilan web yang muncul. Tampilan windows saat ini memang datar seperti di Windows 8, jadi mungkin sedikit membingungkan. Setelah di klik, anda akan mendapati halaman baru dan kemudian dalam beberapa detik proses unduh akan segera dimulai. Jika tidak, baca lebih lanjut petunjuknya. 
Setelah anda mengunduh file instalasinya, lakukan instalasi dan kemudian anda akan melihat menu tambahan di bagian Save As di microsoft word yaitu menu Save As to PDF or XPS. Selesai kita melakukan pekerjaan, kita dapat menyimpan hasilnya ke PDF. Namun tentunya kita simpan terlebih dahulu ke format word agar pekerjaan kita dapat kita edit dan perbaiki jika ternyata ada sesuatu yang kurang di hasil pekerjaan tersebut.
Jika ada yang gratis dan lebih bermanfaat, kenapa kita tidak mencobanya. Semoga bermanfaat.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Cara Save As PDF Dari Word
Ditulis Oleh Anonymous
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Cara Save As PDF Dari Word ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Title: Cara Save As PDF Dari Word; Written by Anonymous; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Pembaca dipersilakan untuk berkomentar mengenai isi dari posting blog ini baik berupa saran maupun kritik. Gunakanlah bahasa baku untuk berkomentar. Terima kasih ya..