Friday 14 June 2013

Membuat Disk Reset Password Windows 7 (Password Log On)

Password memang dibutuhkan untuk mengamankan komputer kita dari jangkauan orang-orang yang tidak dikehendaki. Mereka yang berpotensi mengacak-ngacak isi dari komputer kita seharusnya tidak memiliki akses masuk ke akun komputer kita. Mereka harus mempunyai akun mereka sendiri dengan kewenangan terbatas, misalnya Guest. Dalam hal ini anak-anak tentunya yang berpotensi semacam itu. Password akan lebih baik jika dibuat rumit, namun juga tidak terlalu rumit. Yang akan menjadi masalah nantinya adalah ketika kita lupa akan password yang kita buat sendiri.

Dengan menggunakan password yang mudah, seperti password terbuat dari huruf dan tidak ada kombinasi simbol atau angka, maka akan lebih mudah bagi pembobol untuk memasuki akun kita. Meskipun kita lebih mudah mengingat password kita, namun memang lebih beresiko. Untuk lebih amannya, password yang digunakan haruslah rumit. Dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka dan juga ditambah dengan simbol, maka password akan kuat. Namun celakanya jika kita lupa akan password log on yang kita buat. Di Windows 7, ada sebuah fitur dimana kita dapat melakukan reset password dengan cara membuat disk reset password. Dengan bantuan flashdisk atau media penyimpanan lainnya, kita dapat membuat sebuah reset password pada saat kita lupa password log on di Windows 7.

Langkah Sederhana Membuat Disk Reset Password Windows 7 (Password Log On)

Berikut langkah sederhana bagaimana membuat disk reset password di Windows 7 :
  1. Siapkan flashdisk atau media penyimpanan lainnya dan colokan ke komputer.
  2. Masuk ke Control Panel.
  3. Masuk ke User Accounts and Family Safety > User Accounts. Atau kita dapat memasukan alamat ini di address bar control panel "Control Panel\User Accounts and Family Safety\User Accounts" tanpa tanda petik.
  4. Pada menu dibagian samping, kita dapat melihat salah satu menu dengan nama Create a password reset disk. Maka akan muncul window Forgotten Password Wizard.
  5. Klik Next, kemudian pilih dimana flashdisk yang tadi dimasukan berada, misalnya Removable Disk (F:). Klik Next.
  6. Pada step yang muncul, kita akan diminta untuk memasukan password yang sekarang. Klik Next.
  7. Kemudian akan muncul window progres pembuatan file untuk disk reset password di flashdisk. Jika sudah 100% Complete, klik Next kemudian klik Finish.
Berikut gambar untuk memperjelas (klik untuk memperbesar).
Buat Password Reset Disk
Buat Password Reset Disk
Progres pembuatan password reset disk
Progres pembuatan password reset disk
Setelah menekan tombol Finish, kita akan mlihat sebuah file baru di flashdisk yang digunakan tadi yaitu file userkey.psw . Untuk menggunakan flashdisk yang telah dibuat password reset disk diatas adalah sebagai berikut :

  1. Jika kita gagal untuk masuk pada saat log on windows 7, maka colokan flashdisk yang sudah dibuat password reset disk tadi, kemudian restart komputer.
  2. Masukan password salah, kemudian kita akan menemukan menu Reset password... dibawah kolom password log on. Klik menu tersebut.
  3. Kita akan diminta tempat penyimpanan file userkey.psw yang tadi dibuat. Misalnya flashdisk ada di F:, maka pilih F:
  4. Kemudian kita akan diminta untuk membuat password baru, mengulanginya, dan membuat password hint. Kemudian ikuti langkah selanjutnya.
  5. Setelah selesai, kita akan dilempar kembali ke halaman log on windows 7. Kali ini masukan password yang baru saja kita buat.
  6. Seharusnya kita sudah bisa masuk lagi ke windows.
Dalam percobaan, saya mencoba menggunakannya dua kali untuk akun yang sama. Dan hasilnya masih berfungsi dengan baik. Sekian saja tulisan sederhana tentang bagaimana membuat disk reset password windows 7 untuk keperluan darurat lupa password log on yang dibuat.
Bagi pembaca dipersilakan untuk berkomentar, saya akan menerima kritik maupun saran pembaca dengan senang hati. Semoga tulisan ini berguna, semoga berhasil dan semoga bermanfaat.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Membuat Disk Reset Password Windows 7 (Password Log On)
Ditulis Oleh Anonymous
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Membuat Disk Reset Password Windows 7 (Password Log On) ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Title: Membuat Disk Reset Password Windows 7 (Password Log On); Written by Anonymous; Rating: 5 dari 5

20 comments:

  1. Waktu Kemarin Saya Sudah Mencoba Mengikuti Petunjuk Tetapi Flash Disk Saya Langsung Jadi Tidak Bisa Terbaca Oleh Komputer atau pun Laptop. Tapi kalau tips ini Flash Disk Saya bisa terbaca atau tidak nanti takut nya seperti kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sendiri sudah pernah mencoba tips ini dan berjalan dengan baik. Mungkin bisa jadi referensi agan untuk mencobanya juga. :)

      Delete
  2. mas bro ada tulisan gini
    "An error occurred while the wizard was attempting to set the password for this user account"

    ini bikin bootnya di PC laen, nah udah jadi bootable, mau buka PC temen yang kekunci eh, malah kluar itu

    mohon bantuannya mas bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buatnya di PC lain saya masih kurang tahu gan. Disini saya mempraktekannya di satu komputer saja. Dan kemungkinan pun memang hanya untuk komputer dimana file tersebut di create.
      cmiiw

      Delete
    2. idih jawabannya bahus banget. thanks gan udah mau berbagi infonya

      Delete
  3. Gan saya gak bisa,terpasa deh harus instal ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibuat untuk jebol log in emang gak bisa gan. Ini mah sebagai antisipasi aja ketika kita lupa password log in. Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  4. kalo tanpa flashdisk, passwordnya kembali ke semula (password lama)?

    ReplyDelete
  5. Maaf kebetulan laptop saya g bisa login. Tentunya kan g bisa buat password reset hint di laptop sendiri. Solusinya gimana ya. Mau masuk safe mode juga gk bisa (windows 10)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips Trik Windows10 November 2016 at 14:29

      Saya belum pernah nyoba mas untuk Windows 10, tapi kalau misal masnya butuh buat ngambil data doang, dicoba pake Live CD Ubuntu.

      Yang namanya lupa password tu kaya kita ngejamah laptop orang, si laptop gak kenal orang yang gak tau passwordnya. Jadi masnya seperti mau membobol laptop orang istilahnya. Mending pas buat password buat login di laptop sendiri jangan yang susah-susah, dan selalu beri password hint yang berkaitan juga, biar mudah petunjuknya ketika lupa password. Sekedar saran

      Semoga membantu :)

      Delete
  6. saya coba di laptop sendiri berjalan dengan baik, tapi pas saya coba ke laptop orang lain tidak bisa, gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips Trik Windows26 January 2017 at 14:14

      Maksudnya dengan flashdisk yang sama gan? Kalau maksud agan mau bobol login di laptop lain jelas ini gak bisa gan.. :)

      Delete
  7. Bisa gak buat password hint di flasdisk dg Laptop orang lain, krna laptop sdh terblokir,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips Trik Windows14 February 2017 at 07:23

      Kalau itu gak bisa gan setau ane.. :)

      Delete
  8. Gan, kalo cara buka pass laptop tapi dikaitkan ke fd nah fd nya ilanh gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya disk reset password itu hanya untuk jaga-jaga jikalau lupa password. Kalau flashdisk hilang yang penting tidak lupa password, ya tidak apa-apa.

      Kalau maksud agan, agan lupa password, dan fdisk yang dibuat untuk disk reset password itu hilang, ya dicoba dicari tutorial lain untuk menjebok log on ketika kita lupa passwordnya gan.. :)

      Terima kasih telah berkunjung

      Delete
  9. gan ane pake win7 ultimate. pas udh masuk ke wizard plashdisknya kagak dikenal. padahal sudah terbaca di PC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut ane gan, kemungkinan di flashdisknya. Kan ada tuh FD yang terkadang di colokin ke detect dan kadang malah nggak. Ciri-ciri mau rusak nih gan

      Coba lagi pake flashdisk yang lain gan

      Delete

Pembaca dipersilakan untuk berkomentar mengenai isi dari posting blog ini baik berupa saran maupun kritik. Gunakanlah bahasa baku untuk berkomentar. Terima kasih ya..