Monday 24 June 2013

Membuat Memo Di Windows 7 Dengan Sticky Notes

Sudahkah kita menjadwalkan kegiatan apa yang akan kita lakukan hari ini? "Saya pikir saya tidak memerlukan jadwal, yang saya butuhkan adalah menyusun semuanya di pikiran saya". Ada sebagian orang mungkin menjawab seperti itu, namun bagi sebagian orang yang lain saya yakin bahwa banyak jadwal yang terlupakan jika kita tidak menuliskannya.

Menuliskan jadwal kegiatan apa yang akan dilakukan setiap hari melatih diri kita sendiri untuk berdisiplin dengan waktu dan masalah-masalah yang perlu diselesaikan lebih awal dan selanjutnya. Setiap orang di dunia ini memiliki masalah. Misalnya saja seorang pekerja harus membuat laporan tentang biaya bulanan untuk suatu projek dan perlu untuk menyelesaikan hal-hal lainnya.

Disaat seperti itulah kemampuan kita dalam memilih dan memilah mana yang harus diselesaikan lebih dulu. Dan tentunya itu akan membuat hidup kita lebih tenang dan tidak terlalu banyak pikiran. Memo menurut pengertian saya sendiri adalah pesan singkat untuk mengingatkan terhadap sesuatu baik untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain.

Sticky Notes Sebagai Aplikasi Bawaan Windows 7

Bagi seseorang yang sering menggunakan komputer sebagai alat kerjanya, jika anda tahu bahwa Windows 7 memiliki aplikasi bawaan yang disebut dengan Sticky Notes. Untuk dapat membuka aplikasi bawaan ini, tekan tombol windows dan ketikan Sticky Notes di kolom Search programs and files, kemudian tekan enter. 

Sticky notes ini bekerja layaknya memo, tidak seperti notepad yang perlu disimpan terlebih dahulu dalam bentuk file. Sticky notes ini akan menyimpan secara otomatis apa yang kita tuliskan di dalamnya, dan kita tidak perlu menyimpan tulisan kita ke bentuk file.

Lebih jelasnya ketika kita menuliskan sesuatu di sticky notes, kemudian Close Window, maka pada saat kita membuka sticky notes selanjutnya tulisan itu akan muncul secara otomatis. Klik gambar untuk memperbesar.
Close window sticky notes
Close Window
Hapus Note di Sticky Notes
Hapus catatan
Di gambar pertama kita dapat melihat bagaimana cara Close Window sticky notes, sehingga tulisan-tulisan yang dibuat di sticky tidak terhapus. Sedangkan di gambar kedua kita melihat bagaimana menghapus note/tulisan tersebut dengan Delete Note. Meskipun di close window, tulisan tidak hilang. Ketika kita membukanya kembali tulisan dua note tersebut akan muncul seperti semula.

Format Teks Di Sticky Notes

Jika dilihat dari gambar diatas, saya menulisa note dengan berbagai tipe model tulisan. Berikut bagaiamana cara membuat tulisan menjadi seperti diatas.
  • Bold Text (tekstebal) : blok tulisan dan tekan kombinasi Control+b.
  • Italic Text (teks miring) : blok tulisan dan tekan kombinasi Control+i.
  • Underlined Text (teks bergaris bawah) : blok tulisan dan tekan kombinasi Control+u.
  • Strikethrough (teks coret) : blok tulisan dan tekan kombinasi Control+t.
  • Bulleted List (daftar) : blok tulisan dan tekan kombinasi Control+Shift+L.
  • Increased text size (besarkan ukuran teks) : blok tulisan dan tekan kombinasi Control+Shift+>.
  • Decreased text size (mengecilkan ukuran teks) : blok tulisan dan tekan kombinasi Control +Shift+<.
Sedangkan untuk membuat note baru, dapat dengan cara klik tanda plus yang ada di bagian sebelah kiri atas sticky notes. Untuk mengganti warna dapat dilakukan dengan cara klik kanan di area text note dan pilih warna, seperti gambar dibawah ini.
ganti warna dan tambah sticky notes
Ganti warna dan tambah note
Dengan menggunakan sticky notes, bagi kita yang sering berhadapan dengan komputer tentunya menyusun pekerjaan yang harus diselesaikan jadi lebih mudah dan dapat juga mengingatkan kita untuk cepat mengerjakannya. Sekian saja bagaimana membuat memo di sticky notes di windows 7, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Membuat Memo Di Windows 7 Dengan Sticky Notes
Ditulis Oleh Anonymous
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Membuat Memo Di Windows 7 Dengan Sticky Notes ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Title: Membuat Memo Di Windows 7 Dengan Sticky Notes; Written by Anonymous; Rating: 5 dari 5

16 comments:

  1. terimakasih atas artikelnya sangat bermanfaat bagi saya khususnya pada informasi penggunaan shortcut untuk format teks sticky.

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak informasinya

    ReplyDelete
  3. Tidak pernah dimatikan sticky note saya, selalu aktif sebagai memo pribadi. Fitur simple namun sangat mengingatkan sifatnya

    ReplyDelete
  4. klk mau ngembalikin note yang kena delet gmn ea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba yang ini ya gan.. :)

      https://www.youtube.com/watch?v=zT-0UTXq9nA

      Delete
  5. gimana ya cara menampilkan hidden note?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hidden note di Sticky Notes bawaan saya belum tau gan untuk feature tersebut, mohon maaf. Atau mungkin hurufnya beri warna sesuai background :)

      Delete
  6. Kalau sticky notenya ke delete gitu ga sengaja bisa di cek si mana ga ? Info please

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan. Ada solusi dari easeus, berikut:

      http://www.easeus.com/file-recovery/recover-accidentally-deleted-sticky-notes.html

      Delete
  7. terima kasih, tipsnya sangat membantu

    ReplyDelete

Pembaca dipersilakan untuk berkomentar mengenai isi dari posting blog ini baik berupa saran maupun kritik. Gunakanlah bahasa baku untuk berkomentar. Terima kasih ya..